Hasanah, Nurul (2021) Implementasi integrated marketing communication (IMC) pada produk kredit usaha rakyat (Studi Kasus pada Bank Syariah Indonesia KC Mataram Pejanggik 1). Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nurul Hasanah 170502132-.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Produk KUR di Bank Syariah Indonesia KC Mataram Pejanggik 1 baru diperkenalkan pada pertengahan tahun 2020 sebelum bank tersebut merger dan pada saat itu BSI KC Mataram Pejanggik 1 masih bernama BNI Syariah sehingga dapat digolongkan menjadi produk yang masih sangat baru di bank tersebut, dan hingga saat ini jumlah nasabah BSI KUR di Bank Syariah Indonesia KC Mataram Pejanggik 1 kurang lebih sebanyak 20 nasabah dan dengan realisasi sekitar 10 miliar. Angka realisasi tersebut merupakan angka yang cukup rendah jika dibandingkan dengan realisasi penyaluran KUR pada bank Konvensional. Selain karena produk itu merupakan produk baru di Bank Syariah Indonesia KC Mataram Pejanggik 1, penyebab kurangnya minat masyarakat menggunakan produk BSI KUR tersebut adalah kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai keberadaan Bank Syariah dan pembiayaan KUR. Serta persaingan yang ketat dengan Bank Konvensional maupun bank-bank syariah lainnya yang ada di sekitar Bank Syariah Indonesia KC Mataram Pejanggik 1. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui impelementasi integrated marketing communication yang dilakukan pada Bank Syariah Indonesia KC Mataram Pejanggik 1 dalam memasarkan produk KUR BSI. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dimana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi pada beberapa pegawai bank dan nasabah KUR BSI di Bank Syariah Indonesia KC Mataram Pejanggik 1, serta beberapa masyarakat umum. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa komunikasi pemasaran terpadu yang digunakan pada produk KUR BSI di Bank Syariah Indonesia KC Mataram Pejanggik 1 terdiri dari iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung dan penjualan pribadi, namun strategi promosi penjualan dan pemasaran langsung belum dilakukan dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: komunikasi pemasaran; integrated marketing communication; Kredit Usaha Rakyat; Bank Syariah.
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150505 Marketing Research Methodology
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 17 Jan 2023 15:02
Last Modified: 17 Jan 2023 15:02
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3636

Actions (login required)

View Item View Item