Hasanah, Nurul (2021) Implementasi integrated marketing communication (IMC) pada produk kredit usaha rakyat (Studi Kasus pada Bank Syariah Indonesia KC Mataram Pejanggik 1). Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Nurul Hasanah 170502132-.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA Produk KUR di Bank Syariah Indonesia KC Mataram Pejanggik 1 baru diperkenalkan pada pertengahan tahun 2020 sebelum bank tersebut merger dan pada saat itu BSI KC Mataram Pejanggik 1 masih bernama BNI Syariah sehingga dapat digolongkan menjadi produk yang masih sangat baru di bank tersebut, dan hingga saat ini jumlah nasabah BSI KUR di Bank Syariah Indonesia KC Mataram Pejanggik 1 kurang lebih sebanyak 20 nasabah dan dengan realisasi sekitar 10 miliar. Angka realisasi tersebut merupakan angka yang cukup rendah jika dibandingkan dengan realisasi penyaluran KUR pada bank Konvensional. Selain karena produk itu merupakan produk baru di Bank Syariah Indonesia KC Mataram Pejanggik 1, penyebab kurangnya minat masyarakat menggunakan produk BSI KUR tersebut adalah kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai keberadaan Bank Syariah dan pembiayaan KUR. Serta persaingan yang ketat dengan Bank Konvensional maupun bank-bank syariah lainnya yang ada di sekitar Bank Syariah Indonesia KC Mataram Pejanggik 1. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui impelementasi integrated marketing communication yang dilakukan pada Bank Syariah Indonesia KC Mataram Pejanggik 1 dalam memasarkan produk KUR BSI. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dimana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi pada beberapa pegawai bank dan nasabah KUR BSI di Bank Syariah Indonesia KC Mataram Pejanggik 1, serta beberapa masyarakat umum. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa komunikasi pemasaran terpadu yang digunakan pada produk KUR BSI di Bank Syariah Indonesia KC Mataram Pejanggik 1 terdiri dari iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung dan penjualan pribadi, namun strategi promosi penjualan dan pemasaran langsung belum dilakukan dengan maksimal.
Actions (login required)
![]() |
View Item |