Azim, Muhammad Paozan (2021) Analisis strategi pemasaran produk pembiayaan Griya iB Hasanah studi kasus Unit Sales Pt Bank BNI Syariah Kantor Cabang Mataram Tahun 2020. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
MUHAMMAD PAOZAN AZIM 170502197-.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Strategi pemasaran adalah upaya untuk memasarkan suatu produk, baik itu barang atau jasa, dengan menggunakan pola rencana tertentu sehingga jumlah penjualan meningkat. Bank BNI Syariah KC. Mataram dalam menghadapi persaingan tentu menawarkan produk dan jasa yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat seperti menyalurkan pembiayaan konsumtif melalui produk Griya iB Hasanah. BNI Griya iB Hasanah adalah fasilitas pembiayaan konsumtif yang diberikan kepada anggota masyarakat untuk membeli, membangun, merenovasi rumah dan membeli tanah kavling. Adapun tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan dan untuk mengetahui hambatan yang terjadi dalam menerapkan strategi pemasaran produk Griya iB Hasanah pada Bank BNI Syariah Kantor Cabang Mataram. Metodologi penelitian yang digunakan peneliti adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Dalam metode pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan data. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi, penilaian teman sejawat dan kecukupan referensi. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan oleh peneliti di lapangan menunjukkan bahwa Bank BNI Syariah KC Mataram melakukan perumusan dalam memilih dan menetapkan pasar yang akan dituju dengan menggunakan bauran pemasaran 4P. Strategi pemasaran yang dilakukan Bank BNI Syariah Kantor Cabang Mataram yaitu dengan cara meningkatkan kualitas sumber daya insani, dalam proses pelayanan kepada nasabah, meningkatkan kegiatan promosi dan sosialisasi yang lebih menekankan kepada ASN, PNS, maupun masyarakat umum, baik dilakukan dengan cara door to door, maupun dengan cara mempromosikan melalui periklanan berupa spanduk maupun brosur, serta turun langsung ke develover. Sedangkan hambatan yang terjadi dalam menerapkan strategi ini yaitu persaingan antar sales dari bank lain dan persepsi masyarakat terhadap mekanisme pembiayaan KPR yang ada di Bank BNI Syariah KC Mataram terlalu rumit dibandingkan dengan bank lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran; hambatan; pembiayaan produk griya ib hasanah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150505 Marketing Research Methodology
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 16 Jan 2023 14:50
Last Modified: 16 Jan 2023 14:50
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3625

Actions (login required)

View Item View Item