Musliana, Musliana (2021) Implementasi penerapan penilaian autentik terhadap mata pelajaran Bahasa Inggris di SMA Negert 01 Hu'u Kabupaten Dompu Tahun Ajaran 2020 -2021. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Musliana 170107126-.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan penilaian autentik dalam menilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris berdasarkan pada kurikulum 2013, terkait dengan penilaian kompetensi sikap (afektif), pengetahuan (kognitive), dan keterampilan (psikomotorik) siswa baik di dalam maupun diluar ruangan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan penilaian autentik pada mata pelajaran bahasa Inggris yang lebih efektif, efisien, dan mudah diterapkan oleh guru sebagai penilai, dan siswa sebagai peserta atau objek dari proses penilaian. Informan dalam penelitian ini melibatkan tiga puluh siswa dari kelas dua jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), yang terdiri dari lima belas siswa dari kelas IPA A, lima belas siswa dari kelas IPA B, guru matapelajaran bahasa Inggris, dan dua staf sekolah di SMA Negeri 01 Hu'u Kabupaten Dompu. Berdasarkan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa baik guru maupun siswa menghadapi beberapa kendala terkait dengan penerapan penilaian authentik terutama sejak penyebaran virus Corona di kabupaten Dompu yang membuat kegiatan belajar dan mengajar menjadi kurang efektif, dalam hal ini pelaksanaan penerapan penilaian authentic dalam kegiatan belajar mengajar memiliki kelebihan dan kekurangan baik itu dilaksanakan di dalam maupun diluar kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Autentik, penilaian, virus Corona, masalah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 09 May 2023 08:35
Last Modified: 09 May 2023 08:35
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4204

Actions (login required)

View Item View Item