Siti Zubaedah, Baiq (2022) Strategi pemasaran dalam usaha keripik Mas Abud di Desa Langko Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Baiq Siti Zubaedah-.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Usaha keripik Mas Abud merupakan salah satu usaha yang bergerak dibidang makanan yang memproduksi beberapa macam keripik yang diberi nama keripik Mas Abud. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran dalam usaha keripik Mas Abud yang berlokasi di Desa Langko Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yakni dengan teknik penelitiannya melalui observasi dan wawancara langsung kepada pihak-pihak terkait baik dari pemilik usaha keripik Mas Abud, maupun dari karyawan usaha keripik Mas Abud." "Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan strategi yang diterapkan dalam usaha keripik Mas Abud adalah Bauran Pemasaran (Marketing Mix). Dan dalam strategi promosi menggunakan strategi penjualan tatap muka atau personal selling yaitu, Memasarkan produk secara langsung melalui distributor, pedagang grosir, dan pengecer. Kemudian strategi penjualan promosi (sale promotion) bentuk mengajak langsung melalui penggunaan berbagai insentif yang dapat diatur untuk merangsang pembelian produk dengan segera dan atau meningkatkan jumlah barang yang dibeli pelanggan medianya antara lain, pemberian sampel dan bonus. Strategi ini yang menjadikan usaha kerupik Mas Abud mampu meningkatkan penjualan. Ada beberapa hambatan yang dialami dalam usaha keripik Mas Abud seperti adanya pesaing yang memproduksi produk sejenis, terdapat pula hambatan dalam memepromosikan produk karena usaha kripik Mas Abud tidak menggunakan media promosi seperti iklan, media sosial dan sebagainya, ini yang menjadikan produknya kurang dikenal masyarakat luas. Dan untuk hambatan yang terakhir dalam usaha kripik Mas Abud adalah tidak menggunakan pencatatan keuangan atau tidak ada pembukuan pada usaha kripik Mas Abud.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi Pemasaran; usaha kripik
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150505 Marketing Research Methodology
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 07 Jul 2023 06:29
Last Modified: 07 Jul 2023 06:29
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4492

Actions (login required)

View Item View Item