Sopiana, Nihla (2022) Dinamika komunikasi pelaku usaha kepariwisataan di era pandemi covid-19: studi di Desa Senaru Kec. Bayan Kabupaten Lombok Utara. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nihla Sopiana 180301151.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Dinamika Komunikasi pelaku usaha kepariwisataan di era pandemi covid-19 di Desa Senaru Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Serta mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya dinamika komunikasi pelaku usaha kepariwisataan di Desa Senaru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Untuk mendapatkan hasil dan tujuan dari penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data bersumber dari data primer yang diperoleh melalui pengamatan langsung dan wawancara, dan data sekunder melalui dokumen. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori AISAS, yaitu proses komunikasi pemasaran. Model AISAS terbentuk dari attention (perhatian), Interest (ketertarikan), search (pencarian), action (aksi), dan share (berbagi). Dari hasil penelitian ini menujukkan bahwa dinamika komunikasi pelaku usaha yang terjadi di Desa Senaru mengalami perumabah setelah pandemi, komunikasi pemasaran yang di lakukan juga mengalami perubahan, yang bisanya pemasaran di lakukan secara langsung kini lebih cenderung menggunakan media online atau internet. Perubahan pendapatan juga di rasakan oleh pelaku usaha di kawasan wisata adanya peningkatan dan penurunan penghasilan di masa pandemi covid-19. Peningkatan terjadi pada pelaku usaha produk kopi Nina Bayan dan minuman Kombucha Roserlla, sedangkan penurunan penghasilan terjadi pada pelaku usaha penginapan dan restaurant, pelaku usaha jasa ( Tour guide, porter dan transportasi) serta produk kain khas Bayan. Covid-19 menjadi faktor utama terjadinya dinamika pelaku usaha kepariwisataan seperti diterapkannya peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Lockdown dan Sosial Distancing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: komunikasi; pelaku usaha; dinamika; marketing
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 15 May 2023 03:08
Last Modified: 15 May 2023 03:08
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4234

Actions (login required)

View Item View Item