Oftafiani, Shanti (2022) Strategi komunikasi pemasaran Lombok Post dalam meningkatkan oplah penjualan tahun 2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Santi Oftiani 180301021-.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Lombok Post adalah media koran terbesar di NTB yang hingga kini masih mengoplah koran. Lombok Post pernah mengalami turun dan meningkatkanya oplah penjualan. Dalam memperbaiki masalah tersebut Lombok Post menerapkan strategi komunikasi pemasaran, hingga kini koran masih diedarkan untuk pelanggan maupun pembaca. Guna mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan Lombok Post dalam meningkatkan oplah penjualan. Fokus kajian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi komunikasi pemasaran Lombok Post dalam meningkatkan oplah penjualan tahun 2022? (2) Apa peluang dan tantangan Lombok Post dalam meningkatkan oplah penjualan tahun 2022? Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research dengan metode penelitian pendekatan deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan bauran promosi (promotional mix), bauran pemasaran (marketing mix). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk mengolah data dengan cara memilih, mencatat, menguraikan dan menghubungkan dengan teori." "Hasil penelitian ini adalah ditemuakan dua buah strategi yang digunakan (1) Lombok Post memanfaatkan agen sebagai pihak ketiga untuk mempromosikan koran. (2) Lombok Post memanfaatkan radio sebagai media iklan guna membujuk pelanggan untuk berlangganan koran. Adapun bentuk strategi yang diterapkan Lombok Post meliputi, iklan, promo koran gratis, dor to dor, membangun hubungan baik dengan masyarakat, layanan hotline, pemanfaatan internet dan media sosial. Sedangkan peluang Lombok Post selalu berinovasi dengan konten berita yang dimuat dalam koran maupun media sosial resmi Lombok Post dan ikut memperbaiki sistem pelayanan pesan antar koran bagi pelanggan. Tantangan Lombok Post adanya media sosial cara cepat mendapat""informasi, penggunaan televisi bagi masyarakat yang tidak melek huruf, dan ada pelanggan tetap dan tidak tetap (incidental) yang tertarik terhadap topik berita tertentu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran; bauran promosi; bauran pemasaran; oplah koran, Lombok Post."
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:49
Last Modified: 17 Apr 2023 02:49
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4132

Actions (login required)

View Item View Item