Izzati Jazilla, Putri (2023) Analisis dampak elastisitas harga kedelai impor terhadap sustainability pengrajin tempe dalam perspektif ekonomi islam (Studi Tempe Cap Bunga Matahari Di Kelurahan Abian Tubuh Baru). Diploma thesis, UIN Mataram.

[img] Text
PUTRI IZZATI JAZILLA 190501149_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Elastisitas harga merupakan suatu keadaan dimana tingkat kepekaan permintaan dan penawaran mempengaruhi perubahan harga. Salah satu komoditas yang mengalami elastisitas yaitu kedelai impor yang menjadi bahan baku pembuatan tempe. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengkaji tentang dampak elastisitas harga kedelai impor dan kaitannya dengan sustainability yang dilakukan oleh pengrajin tempe. Penelitian metode kualitatif ini menggunakan jenis pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data wawancara yang diperoleh langsung dari responden. Adapun hasil penilitian ini menunjukkan bahwa kedelai impor mengalami elastisitas jenis koefisien elastis berdasarkan data rata-rata harga kedelai impor pada Februari tahun 2021-2022. Terdapat beberapa faktor keberlanjutan usaha yakni a) Dari sisi financial dan non-financial b) Faktor keberhasilan meliputi konsumen, kualitas produk, produktivitas dan laba c) Faktor yang mengancam meliputi: berkurangnya jumlah pelanggan, penurunan jumlah barang, berkurangnya modal, kesulitan dalam mengembangkan usaha, bahan baku rusak, menumpuknya hutang, maupun kesulitan memperoleh laba. Dalam upaya mempertahankan usaha, Islam ikut mengambil peran dalam menjaga kemaslahatan ummat manusia. Hal ini dikenal dengan istilah Maqashid Syariah, yaitu lima prinsip dasar yang meliputi: muhafazhah ad-din, muhafazhah al-‘aql, muhafazhah an-nafs, muhafazhah an-nasl, dan muhafazhah al-maal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: elastisitas; sustainability; Maqashid Syariah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 25 Feb 2023 16:59
Last Modified: 25 Feb 2023 16:59
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3786

Actions (login required)

View Item View Item