Ikorby, Muhammad Syahidul (2021) Strategi pemasaran produk simpanan wadi’ah iqtishady dalam meningkatkan jumlah nasabah di Koperasi Serba Usaha BMT Al-Iqtishady Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Muhammad Syahidul Ikorby 170502258-.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA Perkembangan pengguna produk simpanan/tabungan pada lembaga keuangan mikro kecil semakin meningkat khususnya pada masyarakat menengah kebawah. Perkembangan pengguna simpanan pada lembaga keuangan mikro menunjukkan bahwa lembaga keuangan mikro mampu bersaing dalam hal menarik minat masyarakat untuk menyimpan/menabung dananya pada Koperasi/BMT. BMT AlIqtishady merupakan lembaga keuangan mikro Syari‟ah yang hadir untuk memfasilitasi masyarakat dengan produk simpanannya dan menerapkan prinsip Syari‟ah serta menjauhi masyarakat dari jeratan rentenir dan riba. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi pemasaran produk Simpanan Wadi‟ah Iqtishady pada BMT Al-Iqtishady, serta upaya meningkatkatkan jumlah nasabah dalam menggunakan Simpanan Iqtishady. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan observasi data, wawancara dan dokumentasi ke lokasi penelitian. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti dengan melalui tiga langkah yaitu, Reduksi data, display data, dan penarika kesimpulan (verification). Berdasarkan dari hasil peneliti dapat disimpulkan bahwa, strategi pemasaran produk Simpanan Wad‟ah Iqtishady pada BMT Al-Iqtishady Mataram adalah Pertama dari strategi produk yaitu menciptakan kemasan. Kedua strategi harga yaitu mulai dari pembukaan rekening Simpanan Iqtisahdy setoran awalnya minimal Rp.10.000,-. Ketiga strategi tempat yaitu dengan letak yang strategis ditepi jalan raya pusat pemukiman dan pusat perniagaan sehingga memudahkan nasabah untuk mengakses langsung BMT Al-Iqtishady Mataram. Keempat strategi promosi yaitu melalui media elektronik, media masa, personal selling, maintanance nasabah, dan promosi-promosi kecil. Adapun dampak strategi pemasarannya yaitu efektif berdampak positif pada peningkatan dan perkembangan jumlah nasabah
Actions (login required)
![]() |
View Item |