Husna, Tiara Ayu Hafizatul (2022) Pengaruh tingkat literasi digital masyarakat Kota Mataram terhadap minat penggunaan Mobile Banking di era pandemi covid – 19. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Tiara Ayu Hafizatul Husna 180502068.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah terdapat pengaruh antara tingkat literasi digital masyarakat Kota Mataram terhadap penggunaan mobile banking. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Jumlah sampel penelitian ini sebesar 399 dengan teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi serta kuesioner tertutup. Adapun untuk analisis datanya menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas dan uji heteroskedastisitas), uji hipotesis (uji t), uji koefesien determinasi (R2), dan analisis tingkat literasi digital dengan rumus grand mean. Bedasarkan pengolahan data dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh tingkat literasi digital masyarakat Kota Mataram terhadap penggunaan mobile banking yang dapat dibuktikan dari uji hipotesis menggunakan uji t yang menghasilkan t hitung sebesar 4,261 > t tabel sebesar 1,9659. Sedangkan hasil uji koefesien determinasi (R2) menunjukan nilai sebesar 0,044 atau sebesar 4,4%. Adapun untuk analisis tingkat literasi digital bedasarkan rumus grand mean didapatkan hasil akhir sebesar 3,8 yang mana nilai tersebut dikateorikan tinggi karena berada di interval 3,4 – 4,2. Bedasarkan pengolahan dan pengujian data maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh tingkat literasi digital masyarakat Kota Mataram yang tinggi terhadap penggunaan mobile banking sebesar 4,4% sedangkan 95,6% dipengaruhi oleh hal lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: literasi; digital; mobile banking
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 30 Jul 2024 01:18
Last Modified: 30 Jul 2024 01:18
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/6109

Actions (login required)

View Item View Item