Aliza Rukya, Jania (2024) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan proses Sains Siswa MAN 1 Mataram Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Jania Aliza Rukya (190109001).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap keterampilan proses sains siswa MAN 1 Mataram tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan bentuk desain post-test only control group design Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Sampling. Sampel penelitian berjumlah 26 siswa untuk kelas eksperimen dengan model pembelajaran menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) sedangkan kelas kontrol sebanyak 29 siswa dengan model pembelajaran langsung. Pengambilan data dilakukan menggunakan lembar observasi keterampilan proses sains yang telah diuji oleh validator ahli. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan uji Non Parametrik Mann Whitney U. Hasil pengujian data diperoleh nilai sig- sebesar 0,003, dimana nilai sig < 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap keterampilan proses sains MAN 1 Mataram Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses Sain , Laju Reaksi, Model Pembelajaran Problem Based Learning
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Kimia
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 27 May 2024 03:25
Last Modified: 27 May 2024 03:25
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5856

Actions (login required)

View Item View Item