Khildah, hidayatul (2023) Hubungan antara kompetensi pedagogik guru dengan minat belajar siswa Kelas V MIN 3 Kota Mataram Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
Text
Hidayatul Khildah 190106097.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA "Penelitian ini dilatar belakangi oleh kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi penting yang harus dimiliki guru, karena berkaitan langsung dengan siswa dalam proses pembelajaran. Standar kompetensi pedagogik guru adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, meliputi pemahaman terhadap siswa, merancang dan melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi hasil pembelajaran dan mengembangkan siswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Untuk mencapai keberhasilan dalam proses pembelajaran, guru harus mampu membangkitkan minat belajar siswa untuk belajar. Minat siswa untuk mengikuti pembelajaran merupakan faktor penting bagi kelancaran proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kompetensi pedagogik guru dengan minat belajar siswa kelas V MIN 3 Kota Mataram Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V MIN 3 Kota Mataram yang berjumlah 108 siswa. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 52 siswa yang terbagi""menjadi 3 kelas yaitu kelas VA berjumlah 18 siswa, VB berjumlah 17 siswa, dan VC yang berjumlah 17 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu berupa angket. Sebelum melakukan penelitian, dilakukan uji coba angket yang kemudian di uji validitas dan reliabilitasnya sehingga dinyatakan valid dan reliabel untuk digunakan dalam penelitian. Sebelum dilakukan uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan kolmogorov smirnov dan uji linieritas. Selanjutnya uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Kemudian data diuji hipotesisnya untuk mengetahui apakah Ha diterima atau ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kompetensi pedagogik guru dengan minat belajar siswa dengan nilai signifikansi yaitu sebesar 0,034 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yaitu ada hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan minat belajar siswa kelas V MIN 3 Kota Mataram Tahun Pelajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompetensi Pedagogik Guru, Minat Belajar Siswa" |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | H Nabil udin |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 06:20 |
Last Modified: | 30 Nov 2023 06:20 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5141 |
Actions (login required)
View Item |