Maria, Siti Ratna (2023) Implementasi metode rabbani dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an santriwati kelas XII: studi multi situs di Pondok Modern Al-Ikhlas Taliwang dan Pondok Modern Nurul Haramain Putri NW Narmada. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Siti Ratna Maria 210401015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Metode rabbani sebagai new genre mempunyai dua keunggulan praktis dalam menghafal Al-Qurán yaitu mind mapping dan visualisasi Al-Qur’an. Melalui metode Rabbani diproyeksikan tidak hanya dapat menghafal Al-Qur’an secara berurutan, tetapi juga dapat menghafal beserta nomor ayat, posisi dan halaman secara acak, maju-mundur, atas bawah, sekaligus menghafal mufradat dan makna Al-Qur’an. Fokus penelitian ini yaitu implementasi metode Rabbani dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di pondok modern Al-Ikhlas Taliwang dan pondok modern Nurul Haramain NW Putri Narmada, kendala dan solusinya. Tesis ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif desain studi multi situs yang dilakukan di 2 lokasi penelitian. Penggalian data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Penentuan informan menggunakan teknik purpousive sampling. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif Miles Hubermen &Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Implementasi metode Rabbani dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di pondok modern Al-Ikhlas Taliwang dan pondok modern Nurul Haramain NW Putri Narmada sesuai dengan langkah dan tahapan yang ada pada petunjuk penggunaan metode Rabbbani, 2)Kendala internal: tidak menguasai makharijul huruf & ilmu tajwid, lupa dan tidak fokus. Kendala eksternal: sulitnya membedakan ayat-ayat yang mirip, sulit membagi waktu dan terbatasnya dewan guru yang menguasai metode Rabbani. 3)Solusi: pemberian motivasi, pendekatan internal, tahsin Al-Qur’an, buku penghubung tahfidz, tasmi’ muraja’ah, pelatihan metode Rabbani & kunjungan studi, serta mencatat ayat yang mirip.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: metode belajar; rabbani; tahfidz al-qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 15 Aug 2023 01:54
Last Modified: 15 Aug 2023 01:54
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4630

Actions (login required)

View Item View Item