Ino Rhafsyanjani, Sultan (2023) Analisis kesulitan guru dalam mengimplementasi kurikulum 2013 di SDN 46 Ampenan Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
Text
Sultan Ino Rhafsyanjani 170106135.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemikiran penulis terhadap penerapan kurikulum 2013 di SDN 46 Ampenan. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum 2013 di SDN 46 Ampenan Tahun Pelajaran 2020/2021, 2) Untuk menganalisis penyebab guru kesulitan dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 di SDN 46 Ampenan Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru dan Kepala Sekolah SDN 46 Ampenan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu: reduksi data, display data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum 2013 di SDN 46 Ampenan, dari awal semester guru kelas I sampai VI seluruhnya mendapatkan bekal dari kepala sekolah, LPMP, sosialisasi-sosilisasi dokumen kurikulum, analisis materi ajar, dan sosialisasi terkait dengan penyusunan perancangan model pembelajaran, dan analisis model belajar serta dalam proses Pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 yang dilaksanakan oleh guru terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Sementara itu, yang menjadi penghambat implementasi Kurikulum 2013 di SDN 46 Ampenan adalah: 1) Kompetensi Guru, 2) Sulitnya merubah mindset atau pemahaman guru terkait dengan perubahan kurikulum, 3) Perubahan proses pembelajaran, 4) Kurangnya pelatihan dari pemerintah dalam rangka penerapan Kurikulum 2013, 5) Sarana dan Prasarana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan gur; implementasi kurikulum 2013 |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130301 Indonesian Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | nur noer nur |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 02:09 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 02:09 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4371 |
Actions (login required)
View Item |