Tayyibah, Zurriyatun (2014) Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran inquiri pada mata pelajaran IPA kelas V MI Al - Mukhtariyah Mamben Daya Kec . Wanasaba Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
Text
zurriyatun tayyibah_opt.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
|
Text (Rekap Pembimbing Satu Skripsi)
Rekap Sebagai Pembimbing Satu Skripsi.pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (230kB) |
Abstract
INDONESIA Dalam proses pembelajaran IPA di Mi Al - Mukhtariyah masih didominasi oleh peran guru dimana siswa ditempatkan hanya sebagai objek bukan sebagai subjek . Proses pembelajaran tersebut menyebabkan rendahnya aktifitas belajar siswa dikelas sehingga berakibat pada rendahnya hasil belajar IPA siswa . Model pembelajaran Inquiri yang menekankan pada partisifasi aktif siswa dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan kegiatan belajar tersebut . Berdasarkan masalah tersebut maka penulis terdorong untuk mengadakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) . Tujuan penelitian tindakan kelas yang penulis lakukan adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran inquiri . Penerapan model pembelajaran inquiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebagai hasil dari perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan . Adapun pembalajaran yang digunakan adalah menggunakan model pembelajaran inquiri . Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus , setiap siklus dilakukan hanya satu kali pertemuan dengan waktu 2 x 35 menit . Untuk mengukur siswa dalam penguasaan materi yang diberikan adalah tes formatif pada akhir setiap siklus . Pada setiap siklus selalu terjadi peningkatan hasil belajar , ini menunjukkan bahwa penelitian dengan penerapan model pembelajaran inquiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses belajar mengajar . Hal ini dapat dilihat dari hasil tes evaluasi belajar siswa yaitu pada siklus I diperoleh perosentasi ketuntasan klasikal sebesar 45,83 % dengan nilai rata - rata 61,66 sedangkan pada siklus II diperoleh perosentasi ketuntsan klasikalnya sebesar 100 % dengan nilai rata - rata 79,6 . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inquiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V MI Al Mukhtariyah Mamben Daya Kec . Wanasaba tahun pelajaran 2014/2015 .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran inquiri; hasil belajar; metode belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 05:55 |
Last Modified: | 10 Jun 2022 08:27 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2614 |
Actions (login required)
View Item |