Insani, Nur (2023) Penerapan model pembelajaran problem posing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nur Insani190103079.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Posing di SMPN 7 Pujut Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan Pre eksperimen dengan jenis Pretest-Posttest design yang diterapkan pada 32 siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah ""one group pretest-posttest design"", Penentuan sampel menggunakan cluster random sampling. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa tes kemampuan berpikir kritis berbentuk uraian, dengan jumlah sebanyak 5 soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata post-test kemampuan berpikir kritis siswa setelah belajar dengan menggunakan model Problem Posing sebesar 67,03 dan nilai rata-rata pre-test kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 24,37.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Problem Posing"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 28 May 2024 07:21
Last Modified: 28 May 2024 07:21
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5877

Actions (login required)

View Item View Item