Mustiani, Mustiani (2023) Upaya meningkatkan kemampuan mengenal huruf alfabet melalui media kartu gambar pada anak kelompok B di RA Ittihadil Ummah Karang Anyar Pagesangan Timur. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
MUSTIANI 180110002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Latar belakang penelitian ini adalah belum berkembangnya kemampuan anak dalam mengenal huruf alfabet. Dari hasil observasi awal sebagian besar anak dapat mengenal huruf dari huruf A hingga Z. Hal ini terlihat ketika gurunya meminta mereka menunjukkan huruf yang disebutkan secara acak, namun mereka belum mengenal huruf-huruf tersebut. Hal ini dikarenakan penggunaan sumber atau media pembelajaran kurang menarik bagi anak dimana guru hanya memanfaatkan papan tulis, spidol dan poster dalam kegiatan pembelajaran mengenal huruf alfabet. Karena itu dibutuhkan penambahan media dan perbaikan strategi pembelajaran yang lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal huruf alfabet dengan menggunakan media kartu gambar di RA Ittihadil Ummah Karang Anyar Pagesangan Timur. Jenis dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari 3 tahap yaitu, tahap perencanaan (planning), tahap pelaksanaan dan pengamatan (Acting & Observing) dan tahap refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I hasil observasi aktivitas guru memperoleh nilai sebesar 66,66% (cukup), pada siklus II memperoleh sebesar 88,09% dikategorikan (sangat baik) dan hasil peningkatan aktivitas guru dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 21,43%, sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 74,4%(cukup), pada siklus II yaitu sebesar 88,09% (sangat baik), dan" "hasil peningkatan siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 13,69%. Berdasarkan hasil nilai rata-rata kemampuan siswa mengenal huruf alfabet dari siklus I ke siklus II sebesar 26,19%, dimana pada siklus I ketuntasan klasikal sebesar 59,52% dan siklus II memperoleh nilai sebesar 85,71% dan dapat dikategorikan sangat baik. Dari penelitian dua siklus ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media kartu gambar dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kemampuan Mengenal Huruf Alfabet, Media Kartu Gambar, Anak Kelompok B, PAUD."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 04 Dec 2023 06:34
Last Modified: 04 Dec 2023 06:34
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5171

Actions (login required)

View Item View Item