Yuhandini, Silvia and UNSPECIFIED (2023) Peningkatan keterampilan calistung siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada kelas I di SDN 4 Batulayar Barat Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
SILVIA YUHANDINI_190106250.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih rendahnya keterampilan membaca, menulis dan berhitung (calistung) siswa di SDN 4 Batulayar Barat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan keterampilan calistung siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada kelas I di SDN 4 Batulayar Barat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan terakhir tahap refleksi. Adapun instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini yaitu tes lisan dan tes tulis untuk mengukur kemampuan membaca, menulis dan berhitung. Penelitian dilakukan pada kelas I di SDN 4 Batulayar Barat mulai dari tanggal 12 april sampai tanggal 16 mei 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan keterampilan membaca, menulis dan berhitung siswa yang ditunjukkan adanya peningkatan dari setiap siklus. Hasil tes keterampilan calistung siswa, pada siklus I, observasi aktivitas guru sebesar 48,21% (kurang aktif) dan pada siklus II sebesar 81,85% (aktif). Selain itu, dalam pengguanaan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan keterampilan calistung siswa, hal tersebut dapat diketahui dari rata-rata nilai keterampilan calistung siswa mulai dari siklus I keterampilan membaca rata- rata nilai dari seluruh siswa sebesar 54 dan pada siklus II sebesar 70, sedangkan pada keterampilan menulis rata-rata nilai siswa sebesar 63 dan pada siklus II sebesar 71, lalu pada keterampilan berhitung rata-rata nilai yang diperoleh seluruh siswa sebesar 52 dan pada siklus II sebesar 66. Kemudian untuk keseluruhan nilai Calistung pada Siklus I sebesar 57 (kurang) menjadi 69 (cukup) pada siklus II. Persentase ketuntasan juga mengalami peningkatan pada siklus I 64% (cukup) menjadi 82% (sangat baik) pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: keterampilan calistung, model pembelajaran picture and picture."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 01 Dec 2023 07:26
Last Modified: 01 Dec 2023 07:26
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5160

Actions (login required)

View Item View Item