Maria, Siti Ratna (2023) Implementasi metode rabbani dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an santriwati kelas XII: studi multi situs di Pondok Modern Al-Ikhlas Taliwang dan Pondok Modern Nurul Haramain Putri NW Narmada. Masters thesis, UIN Mataram.
Text
Siti Ratna Maria 210401015.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
Metode rabbani sebagai new genre mempunyai dua keunggulan praktis dalam menghafal Al-Qurán yaitu mind mapping dan visualisasi Al-Qur’an. Melalui metode Rabbani diproyeksikan tidak hanya dapat menghafal Al-Qur’an secara berurutan, tetapi juga dapat menghafal beserta nomor ayat, posisi dan halaman secara acak, maju-mundur, atas bawah, sekaligus menghafal mufradat dan makna Al-Qur’an. Fokus penelitian ini yaitu implementasi metode Rabbani dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di pondok modern Al-Ikhlas Taliwang dan pondok modern Nurul Haramain NW Putri Narmada, kendala dan solusinya. Tesis ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif desain studi multi situs yang dilakukan di 2 lokasi penelitian. Penggalian data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Penentuan informan menggunakan teknik purpousive sampling. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif Miles Hubermen &Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) Implementasi metode Rabbani dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di pondok modern Al-Ikhlas Taliwang dan pondok modern Nurul Haramain NW Putri Narmada sesuai dengan langkah dan tahapan yang ada pada petunjuk penggunaan metode Rabbbani, 2)Kendala internal: tidak menguasai makharijul huruf & ilmu tajwid, lupa dan tidak fokus. Kendala eksternal: sulitnya membedakan ayat-ayat yang mirip, sulit membagi waktu dan terbatasnya dewan guru yang menguasai metode Rabbani. 3)Solusi: pemberian motivasi, pendekatan internal, tahsin Al-Qur’an, buku penghubung tahfidz, tasmi’ muraja’ah, pelatihan metode Rabbani & kunjungan studi, serta mencatat ayat yang mirip.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode belajar; rabbani; tahfidz al-qur’an |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 01:54 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 01:54 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4630 |
Actions (login required)
View Item |