Kusman Hadi, Doni (2022) Pengaruh strategi bertanya terhadap pemahaman membaca Siswa Kelas XI MAN 02 Lombok Timur TahunPelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Doni Kusuman Hadi 170107136_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah strategi Questioning efektif untuk pemahaman membaca siswa di MAN 2 Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan desain pre-experimental design dengan one-group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini adalah 20 siswa yang berasal dari kelas XI Bahasa Indonesia. Instrumen penelitian adalah tes. Tes ini dibagi menjadi dua jenis, pretest dan posttest. Pretest diberikan sebelum perlakuan dan posttest diberikan setelah perlakuan. Jenis tesnya adalah pilihan ganda yang terdiri dari 20 soal. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan strategi Questioning. Data yang diperoleh dianalisis dan menggunakan uji T sampel berpasangan untuk mengetahui perbedaan antar variabel. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini membuktikan adanya perbedaan skor siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan teknik bertanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test adalah 61,25 dan nilai rata-rata post- test adalah 70,75. Artinya teknik menanya berpengaruh signifikan terhadap pemahaman membaca siswa. Terbukti dari hasil penghitungan statistik bahwa sig.( 2-tailed) adalah 0,000. Hal ini juga membuktikan bahwa hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi bertanya; pemahaman bacaan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 09 May 2023 07:55
Last Modified: 09 May 2023 07:55
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4201

Actions (login required)

View Item View Item