Tayyibah, Zurriyatun (2014) Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran inquiri pada mata pelajaran IPA kelas V MI Al - Mukhtariyah Mamben Daya Kec . Wanasaba Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
zurriyatun tayyibah_opt.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
[img] Text (Rekap Pembimbing Satu Skripsi)
Rekap Sebagai Pembimbing Satu Skripsi.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (230kB)

Abstract

INDONESIA Dalam proses pembelajaran IPA di Mi Al - Mukhtariyah masih didominasi oleh peran guru dimana siswa ditempatkan hanya sebagai objek bukan sebagai subjek . Proses pembelajaran tersebut menyebabkan rendahnya aktifitas belajar siswa dikelas sehingga berakibat pada rendahnya hasil belajar IPA siswa . Model pembelajaran Inquiri yang menekankan pada partisifasi aktif siswa dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan kegiatan belajar tersebut . Berdasarkan masalah tersebut maka penulis terdorong untuk mengadakan penelitian tindakan kelas ( PTK ) . Tujuan penelitian tindakan kelas yang penulis lakukan adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran inquiri . Penerapan model pembelajaran inquiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebagai hasil dari perbaikan pembelajaran yang telah dilaksanakan . Adapun pembalajaran yang digunakan adalah menggunakan model pembelajaran inquiri . Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus , setiap siklus dilakukan hanya satu kali pertemuan dengan waktu 2 x 35 menit . Untuk mengukur siswa dalam penguasaan materi yang diberikan adalah tes formatif pada akhir setiap siklus . Pada setiap siklus selalu terjadi peningkatan hasil belajar , ini menunjukkan bahwa penelitian dengan penerapan model pembelajaran inquiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses belajar mengajar . Hal ini dapat dilihat dari hasil tes evaluasi belajar siswa yaitu pada siklus I diperoleh perosentasi ketuntasan klasikal sebesar 45,83 % dengan nilai rata - rata 61,66 sedangkan pada siklus II diperoleh perosentasi ketuntsan klasikalnya sebesar 100 % dengan nilai rata - rata 79,6 . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inquiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V MI Al Mukhtariyah Mamben Daya Kec . Wanasaba tahun pelajaran 2014/2015 .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran inquiri; hasil belajar; metode belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 09 Jun 2022 05:55
Last Modified: 10 Jun 2022 08:27
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2614

Actions (login required)

View Item View Item