Octarianinsih, Tri (2021) Pengaruh implementasi program Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank BNI Syariah Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Tri Octarianinsih 160205176.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Setiap perusahaan memiliki tujuan memperoleh keuntungan yang maksimal. Mempertahankan Nasabah atau meningkatkannya adalah usaha keseharian masing-masing Bank, karena nasabah merupakan sumber penghasilan. Apalagi dengan terus berusaha menjadikan nasabah loyal terhadap perusahaan. Program sosial merupakan salah satu cara membangun hubungan sosial antara perusahaan, nasabah dan lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi program corporate social responsibility terhadap loyalitas nasabah pada PT. BNI Syariah Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode survei yang dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan penyebaran kuesioner yang dibagikan ke responden, dengan Sampel yang digunakan sebanyak 96 responden. Analisis data yang digunakan yaitu dengan uji hipotesis, uji asumsi klasik dan analisis linier sederhana dengan bantuan program SPSS (Statistical Product And Service Solutions). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif variabel program corporate social responsibility terhadap variabel loyalitas nasabah. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji statistik uji T untuk variabel program corporate social responsibility dengan nilai t hitung sebesar 5.009 lebih besar dari t tabel yaitu 1.9855 artinya program corporate social responsibility berpengaruh positif terhadap loyalitas nasabah. Sedangkan hasil pada uji determinasi menunjukkan bahwa nilai nilai koefisien determinasi sebesar 0.322. Maka dapat disimpulkan bahwa persentase pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 32.2%. hasil penelitian memberikan arti bahwa program CSR yang dilakukan BNI Syariah Mataram mengakibatkan nasabah terutama nasabah yang dijadikan objek program CSR semakin meningkatkan transaksinya dengan BNI Syariah Mataram. Nasabah BNI Syariah Mataram merasa terbantu dengan adanya kegiatan CSR tersebut. Juga dengan adanya bantuan tersebut dan beberapa kemudahan layanan transaksi dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan kesejahteraan tersebut mampu meningkatkan hubungan yang kuat antara nasabah dengan perusahaan,.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: program corporate sosial responsibility; loyalitas; nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 13 Apr 2021 02:36
Last Modified: 13 Apr 2021 02:36
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/585

Actions (login required)

View Item View Item