Suhendra, Erik (2019) Strategi marketing mix produk Virgin Coconut Oil (VCO) lokal dalam meningkatkan pendapatan masyarakat (Stu y Kasus Pada Kelompok Masyarakat Dusun Prawira Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara). Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Erik Suhendra 152145266.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuakan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potential.Strategi Marketing Mix merupakan strategi pemasaran yang dapat menentukan kesuksesan perusahaan untuk mengejar profit atau keuntungan maksimal dengan cara meningkatkan jumlah pelanggan dan meningkatkan hasil penjualan karena menggunakan semua alat-alat pemasaran dalam sebuah perusahaan yang tergabung dalam konsep, yaitu products, price, promotions, distribution.Lokasi penelitian yang dipilih oleh peneliti dalam penelitian ini adalah kelompok MND (Manfaat Nyiuh Daya) yang terdapat di dusun Prawira kecamatan Tanjung kabupaten Lombok Utara. Kelompok ini mengelola buah kelapa menjadi sebuah produk yang memiliki nilai lebih untuk pemanfaatannya, yaitu yang diberi nama Virgin Coconut Oil (VCO). Masyarakat yang berada disekitarnya bergantung pada keberhasilan pemasaran produk VCO ini untuk mendapatkan penghasilan agar dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Hal tersebut adalah alasan mengapa penulis tertarik untuk meneliti dan megetahui penerapan Strategi Marketing Mix Produk Virgin Coconut Oil (VCO) lokal dalam meningkatkan pendapatan pada kelompok masarakat di dusun Prawira, kecamatan Tanjung, kabupaten Lombok Utara. (2) dan untuk mengetahui kendala dalam penerapan Strategi Marketing Mix Produk Virgin Coconut Oil lokal dalam meningkatkan pendapatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu wawancara, dan data sekunder yaitu berupa buku-buku terkait dengan teori tentang pemasaran.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok MND ini telah menerapkan strategi marketing mix dalam memasarkan produknya. Dalam meningkatkan pendapatan masyarakat kelompok masyarakat ""Manfaat Nyiuh" "Daya (MND)"" di Dusun Prawira tersebut melakukan strategi pemasaran berupa : harga yang lebih murah untuk kolompok dan masyarakat sekitar, menjual secara online maupun offline, diekspor ke lokal maupun Internasional, penjualan secara branding serta dengan cara dibelinya hasil produksi dari kelompok lain oleh kelompok masyarakat MND (Manfaat Nyiuh Daya) tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi Marketing Mix,Virin Cocnut Oil."
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 10 Jan 2024 04:47
Last Modified: 10 Jan 2024 04:47
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5297

Actions (login required)

View Item View Item