Kamala Hady, Lalu (2023) Strategi pemasaran dalam meningkatkan pendapatan melalui media sosial pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Kekeri Gunung Sari Lombok Barat Pada Tahun 2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
LALU KAMALA HADY 190105006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang digunakan dan kendala dalam menghadapi strategi pemasaran dalam meningkatkan pendapatan melalui media sosial pada UMKM Rice Box Lombok di Desa Kekeri, Gunung Sari, Lombok Barat. Metode penelitian yang digunakan Kualitatif Deskriptif dengan menggunakan tehik analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Analisis yang dilakukan dengan menggunakan matriks IFAS (internal Factor Analysis Summary) yang mendeskripsikan kekuatan dan kelemahan perusahaan dan EFAS (Eksternal Factor Analysis Summary) yang menggunakan faktor-faktor peluang dan ancaman dan matriks IE (Internal Eksternal) yang menunjukkan posisi perusahaan berada pada situasi saat ini. Strategi yang digunakan oleh perusahaan Rice Box Lombok ini dengan menggunakan strategi produk, produksi, penjualan, pemasaran, pengemasan sedangkan kendala yang dihadapi oleh perusahaan tersebut adalah manajemen pengelolaan yang masih kurang, harga jual, harga bahan pokok, dan lokasi yang kurang strategis. Dari hasil analisis data yang ditemukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi saat melakukan penelitian sudah mendapatkan faktor internal kekuatan dan kelamahan kemudian dari faktor eksternal peluang dan ancaman. Nilai total pada matriks IFAS sebesar 1,60 sedangkan matriks EFAS sebesar 3,22. Hasil tersebut menempatkan usaha Rice Box Lombok di Desa Kekeri ini berada pada kuadran 1 sehingga strategi pemasaran yang digunakan agresif sehingga perusahaan tersebut harus tetap menjaga kepercayaan para konsumen dan terus menjaga kekuatan dan peluang yang dimiliki oleh perusahaan tersebut sehingga hasil yang didapatkan akan lebih maximal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi Pemasaran, Pendapatan, Media Sosial, UMKM."
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 25 Sep 2023 05:47
Last Modified: 25 Sep 2023 05:47
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4770

Actions (login required)

View Item View Item