Amini, Titik Husnawati (2022) Pengaruh typical person endorser online shop di instagram terhadap keputusan pembelian produk kosmetik halal dengan pendekatan viscap model: perspektif syariah marketing dengan minat beli sebagai variabel intervening. Masters thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Titik Husnawati Amini 210404021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya transfaransi kualitas produk para Typical Person Endorser dalam memasarkan produk kosmetik halal di instagram, yang menyebabkan kekecewaan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Visibility, Credibility, Attraction, dan Power pada Typical Person Endorser yang dimiliki mampu untuk mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen dalam membeli produk kosmetik halal melalui aplikasi instagram dengan Minat Beli sebagai variabel intervening serta kesesuainnya dengan prinsip dan karakteristik syariah marketing. Penelitian ini merupakan survey yang bersifat kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden generasi Z di Kabupaten Lombok Timur, dengan metode non-probability sampling yaitu teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan wawancara yang diolah menggunakan aplikasi SEM-Smart PLS Versi 3.2.9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan Credibility dan Attraction terhadap Minat beli, sedangkan dua variabel lainnya tidak berpengaruh. Apabila dilihat dari Keputusan Pembelian, hanya Attraction yang berpengaruh secara langsung sedangkan Visibility, Credibility, Power, dan Minat Beli tidak berpengaruh signifikan. Minat Beli tidak mampu menginterveningkan Visibility, Credibility, Attraction, dan Power terhadap Keputusan Pembelian generasi Z. Typical Person Endorser dalam memasarkan produk belum sesuai dengan prinsip dan karakteristik syariah marketing, karena terdapat beberapa endorser kurang transfaransi dalam hal kualitas produk.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: visibility; credibility; attraction; power
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 03 Aug 2023 01:19
Last Modified: 03 Aug 2023 01:19
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4592

Actions (login required)

View Item View Item