Putri Sidiarto, Ita (2023) Strategi pemasaran produk pembiayaan pension dengan menggunakan Akad Murabahah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Indonesia Kcp Pancor Lombok Timur). Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
ITA PUTRI SUDIARTO 190501197.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Bank Syariah Indonesia Kcp Pancor Lombok Timur merupakan salah satu lembaga perbankan syariah yang menawarkan produk pembiayaan pensiun. Pembiayaan pensiun memiliki tingkat resiko yang cukup kecil sehingga produk tersebut patut untuk diutamakan. Meski demikian persaingan yang cukup ketat menjadi tantangan tersendiri bagi Bank Syariah Indonesia Kcp Pancor Lombok Timur untuk dapat memasarkan produk pembiayaan pensiun lebih luas lagi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran produk pembiayaan pensiun dengan menggunakan akad Murabahah pada Bank Syariah Indonesia Kcp Pancor Lombok Timur? Dan Apa saja hambatan dalam pemasaran produk pembiayaan pensiun dengan menggunakan akad Murabahah pada Bank Syariah Indonesia Kcp Pancor Lombok Timur. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah. Teknik pegumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan kemudian teknik analisis data. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah produk pembiayaan pensiun Bank Syariah Indonesia Kcp Pancor Lombok Timur menerapkan strategi bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place Promotion). Dalam praktiknya Bank Syariah Indonesia Kcp Pancor Lombok Timur lebih menerapkan kepada strategi promosi dengan memaksimalkan kegiatan promosi. Selain itu, strategi produk dengan memaksimalkan pelayanan pada nasabah pensiunan. Akan tetapi dalam strategi tempat Bank Syariah Indonesia Kcp Pancor Lombok Timur masih perlu mengadakan perbaikan. Strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan produk pembiayaan pensiunan pada Bank Syariah Indonesia Kcp Pancor Lombok Timur menggunakan strategi penyerangan khusus. Salah satunya melakukan strategi distribusi yang unik dengan menanamkan rasa memiliki Bank Syariah Indonesia Kcp Pancor Lombok Timur terhadap nasabah dan merekrut nasabah menjadi agen. Hal ini dapat menimbulkan perluasan distribusi dengan baik. Adapun dampak positif lain adalah bank mendapatkan informasi terkait pesaing dari nasabah maupun nasabah agen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi Pemasaran; Pembiayaan; Murabahah"
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012703 al-Murabahah
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:46
Last Modified: 18 Jul 2023 02:46
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4511

Actions (login required)

View Item View Item