Mas’ud, Sayyida Amira Mufidah (2022) Strategi komunikasi pemasaran Pondok Pesantren Nurul Haramain NW Narmada dalam mengembangkan kemandirian ekonomi pesantren. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Sayyida Amira Mufidah Mas’ud 180301026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penggunaan strategi komunikasi pemasaran yang baik pada unit usaha Pondok Pesantren Nurul Haramain NW Narmada, dapat mengembangkan kemandirian ekonomi pesantren ini sehingga mampu memiliki lebih kurang 10 unit usaha. Untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan, maka peneliti memfokuskan kajian ini pada rumusan masalah yaitu yaitu (1) Bagaimana strategi komunikasi pemasaran Pondok Pesantren Nurul Haramain NW Narmada dalam mengembangkan kemandirian ekonomi pesantren? (2) Bagaimana implementasi komunikasi pemasaran Islam dalam kemandirian ekonomi di Pondok Pesantren Nurul Haramain NW Narmada? Metode dan jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teori yang digunakan yaitu teori komunikasi pemasaran terpadu yang meliputi advertising, direct marketing, publicity/public relation personal selling, event/sponsorship, interactive marketing, social media marketing, mobile, serta teori bauran pemasaran yang meliputi produk, tempat, harga, promosi. Sedangkan untuk pengumpulan dan pengambilan sumber data menggunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dari hasil kegiatan lapangan itu, peneliti merekam, mencatat, memilih dan mengolah data tersebut, yang kemudian ditelaah data mana saja yang diperlukan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Pondok Pesantren Nurul Haramain NW Narmada adalah dengan rutin melakukan kunjungan serta silaturrahim kepada pihak yang terkait dalam kemandirian ekonomi pesantren. Adapun impelementasi strategi komunikasi pemasaran Islam yang digunakan yakni sifat siddiq Nabi Muhammad SAW dengan menerapkan kejujuran dalam setiap unit usaha yang dilakukan, amanah dengan senantiasa menumbuhkan rasa percaya konsumen dan masyarakat terhadap produksi barang/jasa unit usaha, tabligh dengan selalu berusaha memnberikan penjelasan kepada masyarakat dan konsumen yang membutuhkan bantuan atau informai terkait produk/jasa, dan fathonah dengan selalu memahami dengan pasti produk/jasa serta berwawasan luas terhadap barang yang dipasarkan. Semua strategi ini dilakukan agar hubungan kerjasama tetap berjalan dengan baik sehingga kemandirian ekonomi pesantren akan tetap berkembang, serta tingkat minat konsumen dan masyarakat selalu mengalami kemajuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: komunikasi; pemasaran; kemandirian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 17 May 2023 05:49
Last Modified: 17 May 2023 05:49
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4270

Actions (login required)

View Item View Item