Amalia Agustia, Mauza (2021) Analisis tingkat profitabilitas Industri Kecil Menengah (IKM)Roti Sukses Desa Jagaraga Kecamatan Kuripan Kabupaten Lombok Barat Pada Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Mauza Amalia Agustia 170501039-.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA "IKM Roti Sukses merupakan perusahaan roti yang memiliki jargon Roti Sukses, Rasa Bintang Lima Harga kaki Lima, perusahaan ini menawarkan banyak varian roti seperti roti pisang, keju, stroberi, coklat, abon dll untuk semua kalangan pecinta roti tentunya. IKM Roti Sukses bertempat di Desa Jagaraga Kecamatan Kuripan Kabupaten Lombok Barat, adalah salah satu perusahaan yang didirikan oleh Lalu Moh.Iqbal sejak tahun 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Instrumen penelitiannya peneliti menggunakan wawancara terstruktur. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah model Miles dan Huberman seperti: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.Adapun objek dalam penelitian ini yaitu dampak Covid-19 terhadap tingkat profitabilitas IKM Roti Sukses Desa Jagaraga Kecamatan Kuripan Kabupaten Lombok Barat. Hasil penelitian dilapangan menyatakan bahwa kondisi profitabilitas IKM Roti Sukses sebelum dan sesudah pandemi Covid-19 yaitu pertama, sebelum terjadi coronaindustri ini berjalan dengan lancar sehingga dalam melakukan produksinya pun sangat baik. Pada tahun 2019 IKM Roti Sukses membuka cabang di Sumbawa saat terjadi pandemi Covid-19, cabang Roti Sukses di Sumbawa akhirnya ditutup karena terkendala dalam mengontrol outlet dan menurunnya penjualan disebabkan oleh Covid-19. Kedua kebiasaan masyarakat menjadi berubah karena adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Physical Distancingyang dibuat oleh pemerintah. Ketiga, bertambahnya tenaga kerja. Adapun strategi untuk meningkatkan profitabilitas IKM yaitu: membuat inovasi baru, melakukan promosi, penerapan strategi berupa diskon dan memaksimalkan sosial media yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas; Industri Kecil Menengah (IKM)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 28 Apr 2023 05:18
Last Modified: 28 Apr 2023 05:18
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4185

Actions (login required)

View Item View Item