Indriani, Yusita (2022) Strategi komunikasi pemasaran kerajinan anyaman tas rotan Desa Wakan Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Yusita Indriani 18030114-.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Dalam melakukan pemasaran kerajinan anyaman tas rotan masyarakat Desa Wakan tidak terlepas dari strategi komunikasi pemasaran, karena banyaknya persaingan antar produk yang sama sekarang cukup ketat. Oleh karena itu strategi komunikasi pemasaran sangat penting bagi masyarakat Desa Wakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran kerajinan anyaman tas rotan, untuk mengetahui implementasi komunikasi pemasaran Islam, serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam komunikasi pemasaran kerajinan anyaman tas rotan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teori yang digunakan komunikasi pemasaran terpadu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh masyarakat Desa Wakan Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur yaitu ada periklanan, promosi penjualan, penjualan langsung, dan hubungan dengan masyarakat. Implementasi komunikasi pemasaran Islam yakni Siddiq, Amanah, Tabligh, dan Fathonah. Untuk Faktor pendukung komunikasi pemasaran kerajinan anyaman tas rotan yaitu media online, kelancaran dalam penyaluran barang, dan adanya sumber daya manusia (SDM). Faktor penghambat komunikasi pemasaran yaitu hambatan komunikasi teknis dan hambatan komunikasi semantik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi komunikasi; Pemasaran; Islam; Kerajinan Anyaman Tas Rotan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 17 Apr 2023 05:03
Last Modified: 17 Apr 2023 05:03
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4143

Actions (login required)

View Item View Item