Hidayatussholihah, Nur (2023) Strategi guru dalam pengenalan membaca permulaan untuk anak usia 5-6 tahun di Ra Amaliya. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nur Hidayatussoleha 170110054.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Membaca permulaan merupakan kemampuan membaca huruf, suku kata, dan kalimat yang disajikan dalam bentuk tulisan ke dalam bentuk lisan. Anak yang sudah mampu dalam tahap membaca awal akan mempunyai kepercayaan diri yang lebih dibandingkan anak yang belum mampu mencapai kemampuan membaca awal dengan baik. Kemampuan membaca merupakan bagian dari empat keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam pengenalan membaca permulaan untuk anak usia 5-6 tahun di RA Amaliya dan kendala dalam pengenalan membaca permulaan untuk anak usia 5-6 tahun di RA Amaliya tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dimana sumber data diperoleh dari guru, peserta didik, dan kepala sekolah RA Amaliya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Adapun pengecekkan keabsahan data dalam penelitian ini dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan guru dalam pengenalan membaca permulaan cukup beragam dan menarik, adapun strategi guru dalam pengenalan membaca permulaan untuk anak usia 5-6 tahun di RA Amaliya yaitu, 1) metode menebalkan huruf, 2) metode dinding huruf (word wall), 3) media buku bacaan, 4) permainan huruf dan kata melalui aktifitas bernyanyi, 5) metode tanya jawab, dan 6) metode pemberian tugas. Adapun kendala dalam pengenalan membaca permulaan untuk anak usia 5-6 tahun di RA Amaliya diantaranya kesulitan mengenal huruf, adanya anak yang sulit konsentrasi, menganggap membaca kegiatan yang sulit, anak mudah bosan, peraturan pemerintah tentang larangan membaca permulaan anak usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru; Membaca Permulaan; Anak Usia Dini."
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130107 Sasak, Samawa, and Mbojo Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 02 Mar 2023 04:19
Last Modified: 02 Mar 2023 04:19
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3842

Actions (login required)

View Item View Item