Hikmah Maulidah, Winda (2022) Strategi pemasaran kopi telapen pada kelompok wanita tani Kaki Rinjani di Desa Karang Sidemen. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Winda Hikmah Maulidah_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi gambaran mendalam mengenai strategi pemasaran yang digunakan oleh Kelompok Wanita Tani Kaki Rinjani dalam menjalankan usahanya. Fokus dari penelitian ini yaitu, strategi pemasaranWanita Tani Kaki Rinjani desa Karang Sidemen serta faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu matriks IFAS, EFAS dan SWOT. Uji keabsahan data meliputi tringulasi, kepercayaan dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan strategi pemasaran yang digunakan oleh kelompok wanita tani kaki rinjani yaitu konsinyasi, media internet, direct selling serta word of mouth (mulut ke mulut). Adapun Faktor pendukung kelompok wanita tani kaki rinjani meliputi, kualitas produk, lokasi strategis, stok bahan baku, jumlah modal, cita rasa dan aroma khas, perkembangan teknologi, gaya mengkonsumsi kopi berkembang serta jumlah supplier pendukung memadai. Adapun faktor penghambat yaitu, kemampuan SDM dalam bidang IT, alat produksi yang kurang memadai, kegiatan promosi kurang maksimal, biaya produksi meningkat, banyaknya usaha yang serupa dan selera konsumen yang berubah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran; kelompok wanita tani; analisis SWOT.
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140201 Agricultural Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140219 Welfare Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 28 Feb 2023 14:48
Last Modified: 28 Feb 2023 14:48
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3813

Actions (login required)

View Item View Item