Anggriani, Ririn (2022) Analisis rendahnya prestasi belajar siswa pada muatan pokok mata pelajaran Matematika Kelas III di SDN 07 Sila Bima Tahun Pembelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Ririn Anggriani 180106098_.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika . Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahuifaktor rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika dikelas III, (2) Mengetahui gambaran umum prestasi belajar siswa pada muatan pokok mata pelajaran matematika di kelas III. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dalah metode kualitatif yaitu sesuatu pendekatan deskriptif yang menekankan pada makna atau menggambarkan sesuatu yang diteliti dan analisis yang digunakan yaitu analisis wancana. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, kemukakan data ada tiga faktor dan hanya satu faktor dominan yaitu faktor Rendahnya pemahaman konsep dan di lihat dari pengamatan yang dilakukan di kelas tiga yang berjumlah 22 orang siswa dengan komposisi 12 orang perempuan dan 10 orang laki-laki. Dari hasil pengamatan tersebut ditemukan beberapa permasalahan meliputi: siswa yang memiliki kemauan dalam mengerjakan soal atau tugas 6 orang siswa (3 laki-laki dan 3 perempuan), siswa yang memiliki keingin tahuan dengan bertanya 3 orang siswa (perempuan), siswa yang berpartisipasi dalam kegiatan kelompok atau diskusi 9 orang. Dari hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan Minimum (KKM) hanya 10 siswa dan dibawah standar KKM 12 siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | rendahnya prestasi belajar; pembelajaran matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | H Nabil udin |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 04:55 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 04:55 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3124 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |