Salsabila, Luthfiyyah (2022) Perbandingan model pembelajaran PBL terintegrasi Islam dan PBL terhadap hasil belajar Matematika ditinjau dari self-efficacy. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Luthfiyyah Salsabila 180103042_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang lebih baik antara menggunakan PBL terintegrasi Islam atau PBL, untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang lebih baik antara siswa yang memiliki self efficacy tinggi, sedang atau rendah dan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang lebih baik antara menggunakan PBL terintegrasi islam atau PBL ditinjau dari self efficacy. jenis penelitian Quasy Experiment (Eksperimen Semu). Penelitian ini dilakukan di MTs Nahdlatul Mujahidin Jempong Ampenan Utara. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas MTs Nahdlatul Mujahidin. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, sampel yang digunakan adalah kelas VII B dan VII C yang berjumlah 38 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, dan angket. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis anova dua jalan (two-way anova) sel tak sama dengan taraf signifikasi 0.05. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa : 1) Hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran PBL terintegrasi Islam lebih baik daripada hasil belajar matematika dengan menggunakan PBL. 2) Tidak ada perbedaaan hasil belajar matematika siswa berdasarkan tingkatan self efficacy. 3) Tidak ada interaksi hasil belajar dengan model PBL terintegrasi Islam dan PBL terhadap hasil belajar ditinjau dari self efficacy.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran pbl; terintegrasi islam; self efficacy; hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 25 Oct 2022 02:08
Last Modified: 25 Oct 2022 02:08
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3064

Actions (login required)

View Item View Item