Hazwan, Hazwan (2022) Strategi pemasaran dalam mempertahankan eksistensi usaha pada masa pandemi covid-19 (studi kasus Bale Bahari Lombok, Desa Midang, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat). Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Hazwan_180501114.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini memuat strategi pemasaran dalam mempertahanakan eksistensi usaha pada masa pandemic covid-19 di Desa Midang Kecmatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini dilaterbelakangi oleh adanya situasi dimana kondisi pandemi covid-19 yang membuat kondisi usaha menjadi menurun akibat kurangnya daya beli masyarakat sehingga pandapatan menjadi menurun, selain itu dimasa sekarang ini banyak sekali bermunculan usaha baru dan persaingan usaha yang semakin ketat. Penerapan strategi yang tepat dimasa sekarang ini sangat penting untuk dilakaukan aga eksistensi usaha dapat dipertahankan. Hal tersebut sangat penting untuk diteliti mengenai bagaimana strategi pemasaran dalam mempertahankan eksistensi usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagimana strategi pemasaran dalam mempertahankan eksistensi di masa pandemi. Kemudian menganalisis apa saja factor kendala dalam menerapkan strategi pemasaran dalam mempertahanakan eksistensi usaha. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dimana penelitian menganalisis dan mendeskripsikan hasil temuan dengan lisan dan tulisan, dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Untuk teknik a nalisis data menggunakan data collection, data display, dan conclusion drawing/verification, serta teknik keabsahan data menggunakan Triangulasi. Dapat diperoleh hasil bahwa strategi yang digunakan usaha Bale Bahari Lombok dalam mempertahankan eksistensi usahanya yaitu dengan mengimplementasikan bauran pemasaran 7P yaitu produk, harga promosi, tempat, proses, SDM dan bukti fisik. Selain dari strategi bauaran pemasaran yang dipakai usaha bale bahari juga melakukan strategi agar bisa terus eksis mempertahankan usahanya yaitu dengan cara menentukan segementasi pasar secara spesifik, membangun kepercayaan konsumen, menjaga hubungan baik dengan pelanggan, menerapkan digital marketing dan kepemimpinan. Dalam pemasaran syariah usaha bale bahari menerapkan strategi pemasaran sesuai dengan prinsip syariah.
Actions (login required)
![]() |
View Item |