Hazwan, Hazwan (2022) Strategi pemasaran dalam mempertahankan eksistensi usaha pada masa pandemi covid-19 (studi kasus Bale Bahari Lombok, Desa Midang, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat). Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Hazwan_180501114.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini memuat strategi pemasaran dalam mempertahanakan eksistensi usaha pada masa pandemic covid-19 di Desa Midang Kecmatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini dilaterbelakangi oleh adanya situasi dimana kondisi pandemi covid-19 yang membuat kondisi usaha menjadi menurun akibat kurangnya daya beli masyarakat sehingga pandapatan menjadi menurun, selain itu dimasa sekarang ini banyak sekali bermunculan usaha baru dan persaingan usaha yang semakin ketat. Penerapan strategi yang tepat dimasa sekarang ini sangat penting untuk dilakaukan aga eksistensi usaha dapat dipertahankan. Hal tersebut sangat penting untuk diteliti mengenai bagaimana strategi pemasaran dalam mempertahankan eksistensi usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagimana strategi pemasaran dalam mempertahankan eksistensi di masa pandemi. Kemudian menganalisis apa saja factor kendala dalam menerapkan strategi pemasaran dalam mempertahanakan eksistensi usaha. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dimana penelitian menganalisis dan mendeskripsikan hasil temuan dengan lisan dan tulisan, dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Untuk teknik a nalisis data menggunakan data collection, data display, dan conclusion drawing/verification, serta teknik keabsahan data menggunakan Triangulasi. Dapat diperoleh hasil bahwa strategi yang digunakan usaha Bale Bahari Lombok dalam mempertahankan eksistensi usahanya yaitu dengan mengimplementasikan bauran pemasaran 7P yaitu produk, harga promosi, tempat, proses, SDM dan bukti fisik. Selain dari strategi bauaran pemasaran yang dipakai usaha bale bahari juga melakukan strategi agar bisa terus eksis mempertahankan usahanya yaitu dengan cara menentukan segementasi pasar secara spesifik, membangun kepercayaan konsumen, menjaga hubungan baik dengan pelanggan, menerapkan digital marketing dan kepemimpinan. Dalam pemasaran syariah usaha bale bahari menerapkan strategi pemasaran sesuai dengan prinsip syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran; eksistensi; pemasaran syariah; bale bahari
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140211 Labour Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140214 Public Economics- Publically Provided Goods
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140219 Welfare Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 20 Oct 2022 13:07
Last Modified: 20 Oct 2022 13:07
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3042

Actions (login required)

View Item View Item