Elmayana, Baiq Pina (2022) Analisis strategi pemasaran produk pembiayaan murabahah pada Baitul Mal Wat Tamwil (BMT) Al-Hidayah Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Baiq Pina Elmayana 180501091.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Strategi pemasaran merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam memasarkan berbagai produk agar diminati oleh masyarakat. Demikian halnya dengan BMT Al-Hidayah yang salah satunya memiliki produk pembiayaan murabahah. Tujuan dalam penelitian ini adalah melihat bagaimana strategi pemasaran produk pembiayaan murabahah yang diterapkan pada BMT Al-Hidayah dalam meningkatkan dan menarik minat nasabah/masyarakat. Dan mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dalam memasarkan pembiayaan murabahah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, sumber data berasal dari sumber data primer dan sumber data skunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BMT Al-Hidayah menerapkan bauran pemasaran (marketing mix) dalam pembiayaan murabahah. Dengan menggunakan strategi 4P (product, price, place, promotion). Yaitu produk pembiayaan murabahah pada BMT Al-Hidayah menggunakan persyaratan yang sangat mudah dan biaya administrasinya tergolong sangat mudah, pembiayaan murabahah pada BMT Al-Hidayah lebih dominan dari pembiayan yang lain seperti ijarah, qordh dan mudharabah. Strategi pemasaran produk pembiayaan murabahah di BMT Al-Hidayah menggunakan margin sesuai dengan SOP yang berlaku dan juga berdasarkan kesepakatan dengan mudharib. Strategi lokasi dari BMT Al-Hidayah sangat strategis dengan berada dipinggir jalan yang bersebrangan dengan pasar tradisional dan disampingnya terdapat toko mebel dan toko-toko lain. Pendistribusian produk BMT Al-Hidayah juga telah beradaptasi dengan digitalisasi. Strategi promosi yang digunakan BMT Al-Hidayah menggunakan strategi personal selling, direct marketing, dan juga word of mouth.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi, pembiayaan murabahah, bmt; baitul maal
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 14 Oct 2022 15:46
Last Modified: 14 Oct 2022 15:46
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3015

Actions (login required)

View Item View Item