Muliadi, Ahmad Suci (2021) Strategi pemasaran pedagang buah dalam meningkatkan pendapatan di Pasar Renteng Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Ahmad Suci Muliadi 60105034_.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pertumbuhan ekonomi dan perubahan lingkungan yang cepat, mengharuskan pedagang untuk memantau dan menyesuaikan diri terhadap perubahan pasar. Pedagang harus lebih kereatif merancang dan memutuskan strategi pemasaran, karena pemasaran itu sangat penting dalam upaya meningkatkan pendapatan penjualan. Pemasaran juga timbul karena adanya suatu proses kegiatan untuk mengenalkan produk-produknya yang dihasilkan dari suatu pedagang sehingga pedagang tersebut dapat dikenal oleh masyarakat luas dan target dari pedagang dapat tercapai dan berkembang dengan pesat. Keberhasilan usaha dalam mencapai usaha yang telah ditetapkan dipengaruhi oleh pedagang tersebut dalam memilih dan menetapkan strateginya, dimana dalam strategi pemasaran terdapat rencana dan tindakan yang akan membantu dalam mengambil kebijakan pemasaran dalam meningkatkan minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran pedagang buah dalam meningkatkan pendapatan di pasar Renteng Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah. Jenis dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnik pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan melakukan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan vertifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Upaya strategi-strategi pedagang buah khususnya di pasar Renteng Praya dalam meningkatkan pendapatannya, baik itu dilihat dari kualitas buah yang dijualnya, harga buah yang ditetapkannya, strategi-strategi pedagang dalam mempromosikan buahnya dan bagaimana cara pedagang memilih lokasi yang strategis dalam memasarkan buahnya, dan melakukan promosi dengan cara memanfaatkan media sosial seperti facebook, instagram, dan whatsapp.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran; pedagang buah; meningkatkan pendapatan; pasarrenteng
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 13 Oct 2022 04:59
Last Modified: 13 Oct 2022 04:59
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/3008

Actions (login required)

View Item View Item