Habibah, Asti (2021) Aplikasi quick response code indonesia standard (QRIS) sebagai alat pembayaran pada warung raning’5 shop di Desa Kekait 1, Desa Kekait, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Asti Habibah..pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Aplikasi Quick Response Indonesia Standard Sebagai Alat Pembayaran Pada Warung Raning’5 Shop di Kekait 1, Desa Kekait, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamat dating mengamati tanpa ikut diamati (nonparticipating observer), wawancara mendalam (In-DepthInterview) dan dokumentasi keadaan di lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah pencocokan data, pembenahan data, dan penerapan data sesuai dengan pendekatan penelitian. Selanjutnya menguji validitas data menggunakan kekuatan pengamatan, triangulasi dan kecukupan refrensi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa implementasi penggunaan QRIS dalam sistem pembayaran di warung Raning’5 Shop adalah QRIS dapat digunakan oleh siapapun yang memiliki ponsel dengan kamera dan konektivitas data, serta akun pembayaran elektronik. Membuat transaksi dalam jual beli menjadi lebih gampang, aman, nyaman, dan cepat. Terlebih hingga tahun 2021 di masa pandemic seperti ini, menggunakan QRIS sebagai sistem pembayaran akan baik dan aman untuk mencegah penyebaran virus. Efektivitas penggunaan QRIS pada warung Raning’5 Shop terhadap manajemen keuangan terletak pada pelaporan transaksi secara otomatis yang masuk langsung ke akun pemilik warung, transaksi tercatat otomatis dan dapat dilihat kapan pun semua ini untuk mencegah kecurangan dalam catatan pembukuan. Sedangkan kendala menggunakan QRIS dalam sistem pembayaran terhadap pemilik warung adalah dibagian ketika harus menjelaskan secara awal bagaimana penggunaan QRIS pada konsumen yang sama sekali belum mengetahui tentang itu, kemudian pemilik warung dapat mengambil uang hasil pembayaran konsumen tersebut setelah 24 jam terhitung transaksi suskes dilakukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aplikasi qris; sistem pembayaran, pembayaran elektronik, e-money, ewallet |
Subjects: | 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100503 Computer Communications Networks 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies > 100504 Data Communications 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | H Nabil udin |
Date Deposited: | 28 Sep 2022 13:12 |
Last Modified: | 28 Sep 2022 13:12 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2898 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |