Mayasari, Annastya Eka (2021) Peran usaha budidaya ikan air tawar dalam meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Lenek Kecamatan Lenek Kabupaten Lombok Timur. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Annastya Eka Mayasari..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (891kB)

Abstract

INDONESIA Budidaya ikan air tawar merupakan kegiatan usaha yang dilakukan dengan mengembangbiakan ikan sehingga memperoleh hasil.Sedangkan, ekonomi masyarakat merupakan suatu kegiatan ekonomi yang dilakukan secara swadaya oleh masyarakat dengan tujuan mensejahterakan dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Fied research) yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan atau lokasi penelitian.Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tersebut menunjukan telah memberikan peran dalam meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Lenek Kecamatan Lenek Kabupaten Lombok Timur.Dilihat dari jumlah pendapatan maupun keuntungan yang diterima. Selanjutnya dengan cara mengembangkan dan memasarkan usaha budidaya ikan air tawar itu sehingga diperoleh pendapatan dan keuntungan. Akan tetapi, usaha budidaya ikan air tawar itu memiliki hambatan diantaranya serangan penyakit dan banjir.Namun, hal itu masih bisa diatasi dengan pembiaran obat–obatan secara alami maupun obatan secara kimia, sedangkan banjir itu bisa diatasi dengan pembuatan tanggul dan membersihkan sisa–sisa banjir. Sehingga hal tersebut tidak menimbulkan kerugian bagi usaha budidaya ikan air tawar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: budidaya ikan; ekonomi masyarakat; ikan air tawar
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140213 Public Economics- Public Choice
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140214 Public Economics- Publically Provided Goods
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 27 Sep 2022 14:07
Last Modified: 27 Sep 2022 14:07
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2890

Actions (login required)

View Item View Item