Afrianda, Lisa (2021) Analisis strategi peningkatan volume penjualan umkm di tengah wabah covid-19 (Studi kasus Pengusaha Gerabah di Banyumulek Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat). Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Lisa Afrianda..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Di tengah wabah covid-19 saat ini menyebabkan pertumbuhan perekonomian menurun drastis terlebih bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah(UMKM) yang merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara ataupun suatu daerah, tidak terkecuali di Indonesia. Karena perubahan lingkungan bisnis yang semakin kompleks membuat para UMKM harus bersaing sangat ketat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi apa yang digunakan untuk meningkatkan volume penjualan UMKM di tengah wabah covid-19 studi kasus pengusaha art shop gerabah di Desa Banyumulek Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat. Jenis penelitian yang dilakukan termasuk dalam penelitian lapangan (field research), yang bersifat kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan peneliti terkait langsung dengan kepala desa dan pengusaha art shop gerabah Desa Banyumulek. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pembuktian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian, strategi peningkatan volume penjualan UMKM di tengah wabah covid-19 pada pengusaha art shop gerabah Desa Banyumulek secara umum menggunakan berbagai strategi seperti membuka art shop di rumah, mengandalkan reseller dan memanfaatkan teknologi seperti media sosial yaitu facebook sebagai sarana promosi penjualan dengan jangkauan lebih luas. Dari strategi yang di terapkan menimbulkan dampak meningkatnya volume penjualan yang cukup membuat para pengusaha bisa bertahan di tengah wabah covid-19 walaupun tingkat volume penjualannya menurun dari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi; volume penjualan; covid-19; volume penjualan; umkm; pengusaha gerabah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140211 Labour Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140213 Public Economics- Public Choice
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 27 Sep 2022 03:23
Last Modified: 27 Sep 2022 03:23
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2882

Actions (login required)

View Item View Item