Asiah, Nur (2019) Strategi pemasaran produk pembiayaan murabahah dalam menarik minat nasabah non muslim: studi di PT. BNI Syariah KCP Ampenan. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nur Asiah 1502151857.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Bisnis yang bergerak dibidang jasa mengandung resiko besar dan tingkat persaingan yang sangat ketat. Oleh karena itu, perbankan berlomba-lomba menarik perhatian masyarakat agar masyarakat menjadi nasabahnya. Keterbatasan pangsa pasar bank syariah menuntut kreatifitas bank syariah untuk melakukan strategi marketing yang kreatif agar produk jasa mereka laku dipasaran. Hal ini pula yang terjadi dan dirasakan oleh PT. BNI Syariah KCP Mataram yang berusaha mencoba melakukan berbagai strategi pemasaran agar produk pembiayaan murabahah yang mereka miliki laku dan diminati tidak saja oleh masyarakat muslim namun juga oleh masyarakat non muslim. Berangkat dari hal tersebut penelitian ini mencoba menemukan jawaban dari persoalan sebagai berikut : 1). Bagaimana strategi pemasaran produk pembiayaan murabahah yang dilakukan oleh PT. BNI Syariah KCP Ampenan dalam menarik minat nasabah?; 2). Mengapa PT. BNI Syariah KCP Ampenan tertarik menggarap masyarakat non muslim sebagai segmentasi pangsa pasar pembiayaan murabahahnya?; 3). Faktor-faktor apakah yang menyebabkan masyarakat non muslim tertarik menjadi nasabah pembiayaan murabahah di PT. BNI Syariah KCP Ampenan? Jenis data penelitian ini data primer dan sekunder. Data primer bersumber dari hasil observasi, wawancara dan studi dokumen. Data sekunder berupa hasil penelitian terdahulu maupun sumber lain yang berhubungan dengan penelitian. Analisis data dilakukan melalaui metode deduktif. Validitas data dilakukan melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa i). Strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. BNI Syariah KCP Ampenan dalam menarik minat nasabah non muslim dilakukan dengan cara yaitu : promosi dalam bentuk personal selling, periklanan dengan cara memasang spanduk atau baliho, lokasi yang sangat strategis dan produk yang memiliki keunggulan berupa ketiadaan pembebanan biaya administrasi dan provisi, ii). Alasan PT. BNI Syariah KCP Ampenan membidik masayarakat non muslim dikarenakan masyarakat non muslim lebih mudah dipengaruhi untuk mengambil produk pembiayaan murabahah serta sebagai media dakwah bagi perusahaan untuk mensyiarkan nilai-nilai atau ajaran-ajaran Islam; iii). Alasan masyarakat non muslim tertarik menjadi nasabah pembiayaan murabahah di PT. BNI Syariah KCP Ampenan karena adanya keterbukaan atau transparansi yang dilakukan oleh pihak bank dalam menawarkan produk pembiayaan murabahah, ketiadaan administrasi, provisi, angsuran ringan dan jangka waktu yang panjang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran; murabahah; nasabah; minat
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012703 al-Murabahah
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 15 Sep 2021 04:25
Last Modified: 15 Sep 2021 04:25
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1279

Actions (login required)

View Item View Item