Sasmita Dewi, Dian (2022) Pengaruh game reversi terhadap penguasaan grammar siswa Kelas Satu Akademik MA Annajah Sesela Tahun 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
2022-TBI-Dian Sasmita Dewi_17017074.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (27MB)

Abstract

INDONESIA "Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan dari permainan Reversi dalam penguasaan tata bahasa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Peneliti menggunakan desain penelitian pre-experimen dalam bentuk satu grup pretest dan posttest. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas 1 MA Annajah Sesela. Instrumen yang digunakan oleh peneliti adalah test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest sebelum perlakuan dengan menggunakan permainan Reversi adalah 58,15, sedangkan nilai rata-rata posttest setelah perlakuan adalah 78,35. Selanjutnya, berdasarkan uji-t, hasil nilai rata-rata posttest lebih tinggi dari pada pretest. Artinya, ada perbedaan ketika siswa mendapat perlakuan sebelum dan sesudah. Tandanya. nilai uji-t sampel berpasangan adalah 0,000, nilai tersebut lebih rendah dari 0,05 (0,000<0,05). Dan dapat disimpukan bahwa hipotesis statistik: hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis null (Ho) ditolak. Artinya, permainan Reversi berpengaruh signifikan dalam penguasaan tata bahasa terhadap keterampilan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: permainan Reversi, Tata bahasa"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 09 Sep 2024 06:23
Last Modified: 09 Sep 2024 06:23
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/6294

Actions (login required)

View Item View Item