Arsania, Yulia (2023) Solusi Bullying Perspektif Al-Qur'an (Kajian Deskriptif Analitis dalam Tafsir Al-Munrr). Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
YULIA ARSANIA 200601100.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini didasari oleh kerisihan peneliti terkait maraknya bullying yang terjadi. Banyak orang yang menormalisasikan fenomena tersebut dengan membiarkan terjadi dan tidak adanya tindakan atau solusi yang memadai. Bahkan bullying ini banyak terjadi di lingkungan sekolah yang seharusnya menjadi sarana untuk mendidik generasi bangsa. Setiap tahun korban bullying terus meningkat dan sudah menjadi budaya di kalangan anak bangsa. Fokus yang dikaji dalam penelitian ini adalah definisi bullying dalam tafsir Al-Munzr dan solusi dari bullying dalam tafsir Al-Munzr. Jenis penelitian ini ialah library research atau penelitian pustaka dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan sumber data primer dalam penelitian ini adalah tafsir Al-Munzr karya Wahbah Az-Zubaili. Metode analisis yang digunakan adalah content anaysis (analisis isi). Hasil penelitian ini adalah kata La Yaskhar, La Talmizii, La Tanabaz serta humazah menurut peneliti merupakan bullying. Hal ini dikarenakan kesesuaian antara makna bullying dengan La Yaskhar, La Talmizii, La Tanabaz dan humazah. Adapun solusi dari fenomena bullying yang ditawarkan dalam tafsir Al-Munzr ialah dengan adanya penanaman akhlak yang terpuji. Dengan mengambil nilai-nilai akhlak yang ada pada Qs. Al-Hujurat ayat 11, Al-Qalam ayat 11, 4, Al-Humazah ayat 1. Adapun nilai-nilai akhlak yang terdapat pada beberapa ayat tersebut adalah jangan mencela orang lain baik dengan lisan maupun fisik, jangan memanggil orang lain dengan sebutan yang tidak disukainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bullying, Tafsir Al-Munzr, Solusi Bullyin"
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 13 Jun 2024 07:35
Last Modified: 13 Jun 2024 07:35
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/6018

Actions (login required)

View Item View Item