Danu Rahman, "Hakim (2023) Upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Fikih di Kelas III MI Islahul Muta'alim Karang Genteng Tahun Pelajaran 2022/2023. Other thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Hakim Danu Rahman 180106097.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian peneliti terhadap upaya guru dalam eninkatkan kualitias pembelajaran fikih. Penelitian ini di lakukan di MI Islahul Muta'alim Karang Genteng Kota Mataram karena peneliti melihat berdasarkan hasil observasi yang terdapat ada beberapa siswa yang sering main- main ketika belajar, siswa sering izin keluar ke toilet, sering berbicara di belakang ketika guru menjelaskan pembelajaran di kelas, tidur di dalam kelas. Fokus yang di kaji dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fikih di kelas III MI Islahul Muta'alim Karang Genteng Tahun Pelajaran 2022/2023.? (2) Apa saja kendala guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fikih di kelas III MI Islahul Muta'alim Karang Genteng Tahun Pelajaran 2022/2023? (3) Apa saja solusi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fikih di kelas III MI Islahul Muta'alim Karang Genteng Tahun Pelajaran 2022/2023? Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun metode pengumpulan data dilaksanakan dilaksanakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan Mengorganisasi Data, Mencari eksplanasi alternative data, menulis laporan. Sedangkan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan perpanjangan kehadiran peneliti dan triangulasi yan terdiri dari triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fikih di kelas III MI Islahul Muta'alim Karang Genteng adalah dengan cara guru membuat suasana ang menenangkan bagi siswa, guru menggunakan metode belajar yang bervariasi, guru mengajar menggunakan media pembelajaran dan guru harus menguasai semua materi pembelajaran. Adapun kendala-kendala ang dihadapi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fikih yaitu kurangnya persiapan guru dalam mengajar, kurangnya pendekatan terhadap siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Upaya guru, kualitas pembelajaran, Fikih
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 03 Jun 2024 07:56
Last Modified: 03 Jun 2024 08:02
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5930

Actions (login required)

View Item View Item