Satriawan, Zaki (2023) Kontribusi Pendidikan Pesantren dalam membentuk kemandirian belajar Santri di Pondok Pesantren Nurul Haramain NWDI Putra Narmada. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Zakii satriawan 200101161.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Salah satu alasan penting kenapa penelitian ini dilakukan karena beberapa perilaku santri Pondok Pesantren Nurul Haramain NWDI Putra Narmada masih belum mencerminkan tingkat kesopanan, kedisiplinan, dan ketaatan yang seharusnya dimiliki oleh seorang santri terutama dalam konteks pembelajaran. Jika permasalahan tersebut dapat ditangani dengan baik dan benar, maka akan menjadi sebuah kekuatan besar yang dapat menghasilkan pondok pesantren yang berswada, dan untuk jangka panjangnya akan melahirkan alumni yang berjiwa entrepreneur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami kontribusi serta faktor pendukung dan penghambat pondok pesantren dalam membentuk kemandirian belajar santri di pondok pesantren Nurul Haramain NWDI Putra Narmada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan pengumpulan dokumen. Proses analisis data melibatkan langkah- langkah reduksi data, penyajian data, dan vertifikasi data untuk mencapai kesimpulan. Selain itu keabsahan data juga diperiksa melalui triangulasi teknik, yaitu dengan membandingkan hasil pengamatan dengan hasil wawancara, serta membandingkan hasil wawancara dengan hasil dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pembentukkan kemandirian belajar santri dilakukan melalui pendidikan dilingkungan pesantren. Pendekatan ini memungkinkan pesantren untuk mengajarkan santri tidak hanya teori, tetapi juga mengaplikasikannya secara langsung. Metode yang digunakan dalam membentuk kemandirian belajar santri termasuk ceramah, keteladanan, pembiasaan, pemberian nasihat, serta hukuman. Faktor pendukung dalam proses ini meliputi semangat tinggi para santri dalam menimba ilmu, didukung oleh lingkungan pondok yang memberikan penagruh positif pada santri. Di sisi lain, faktor yang menghambat termasuk kesulitan para santri dalam mengelola waktu karena jadwal yang padat di pondok, yang kemudian dapat menyebabkan kejenuhan, keengganan saat"

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren, Pendidikan, Kemandirian belaja"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 31 May 2024 03:05
Last Modified: 31 May 2024 03:05
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5906

Actions (login required)

View Item View Item