Winarni, Winarni (2018) Perbandingan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran cooperative script dan word square pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VII MTsN 1 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Winarni 151146098.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dan Word Square pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII di MTsN 1 Mataram tahun pelajaran 20172018. Jenis penelitin ini adalah penelitian kunatitatif dengan pendeketan komperatif (perbandingan) dan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Two group posttest only design dengan teknik pengambilan sempel Cluster Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seleruh siswa-siswi kelas VII MTsN 1 Mataram yang berjumlah 300 siswa dan terdiri dari 8 kelas, kelas yang menjadi sampel yaitu VII 3 dan VII 7. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dan Word Square pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII di MTsN 1 Mataram tahun pelajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil analisis data uji-t maka diperoleh thitung = 0.246 sedangkan ttabel = 1.980, jadi thitung < ttabel karena thitung < ttabel maka Ho diterima dan Ha ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ""tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dan dengan model pembelajaran Word Square pada mata pelajaran IPS Terpadu pokok bahasan interaksi sosial kelas VII MTsN 1 Mataram tahun pelajaran 2017/2018"".

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 22 May 2024 04:32
Last Modified: 22 May 2024 04:32
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5846

Actions (login required)

View Item View Item