Yusril, Yusril (2023) Dampak penggunaan tehnik scaffolding terhadap keterampilan membaca siswa Kelas IX MTsN Negeri 1 Mataram Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
Text
YUSRIL 190107077.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA "Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan dampak penggunaan metode scaffolding pada keterampilan membaca siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas IX MTsN 1 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pra-eksperimental satu kelompok menggunakan pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MTsn 1 Mataram yang berjumlah 952 siswa; sampel penelitian ini adalah siswa kelas IX MTsN 1 Mataram yang berjumlah 32 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan nonprobability sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes membaca dengan tes naratif menggunakan pre-test dan post-test. Hasil dari penelitian ini menggunakan tes membaca yang diperoleh dari pre-test dan post-test dihitung dengan bantuan program IMB SPSS versi 24.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor dan persentase skor pre-test tertinggi yang dicapai adalah 85, skor terendah adalah 50, dan rata-rata skor siswa adalah 68,7, sedangkan untuk hasil post-test, skor tertinggi yang dicapai adalah 90, skor terendah adalah 60, dan rata-rata skor siswa adalah 76,4. Dengan demikian, terdapat peningkatan yang signifikan setelah diberikan perlakuan pembelajaran membaca. Hasil uji menggunakan rumus uji t sampel berpasangan menunjukkan bahwa nilai signifikan dua arah adalah 0,000 dengan kriteria jika nilai signifikan dua arah <0,05 maka signifikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang menggunakan metode scaffolding memiliki dampak positif dalam meningkatkan pembelajaran membaca siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dampak, Scaffolding, Keterampilan Membaca |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris |
Depositing User: | H Nabil udin |
Date Deposited: | 16 May 2024 02:43 |
Last Modified: | 16 May 2024 02:43 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5800 |
Actions (login required)
View Item |