Aspari, Yeni (2023) Peningkatan keterampilan berbicara siswa melalui metode bermain peran pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN 2 Lembar Selatan Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Yeni Apsari-190106218.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa. Rendahnya keterampilan berbicara siswa tersebut ditingkatkan dengan metode bermain peran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan metode bermain peran di kelas V SDN 2 Lembar Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Lembar Selatan sebanyak 20 siswa, sedangkan objek penelitian ini peningkatan keterampilan berbicara menggunakan metode bermain peran. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Desain penelitian ini menggunakan Model Spiral yang terdiri dari empat tahapan, yaitu Perencanaan (Planning), Tindakan (Action), Observasi (Observing) dan Refleksi (Reflecting). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah minimal 85% siswa yang memperoleh nilai 2: 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 2 Lembar Selatan. Keterampilan berbicara siswa pada siklus I dengan ratarata 35%, peningkatan pada siklus II sebesar 85%. Pada tindakan ini keterampilan berbicara siswa dengan pelafalan intonasi suara ekspresi meningkat hingga mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan yaitu minimal 85% siswa yang memperoleh nilai 2: 70.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:35
Last Modified: 04 Dec 2023 03:35
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5165

Actions (login required)

View Item View Item