Siti, Humaeroq (2023) Penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan kosakata Bahasa Arab penguasaan siswa TPQ Bengkel Hati Tahun Pelajaran. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
SITI HUMAEROQ 190102052.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Bahasa Arab merupakan bahasa asing yang banyak dijumpai di pesantren. Bahasa Arab mempunyai kegunaan penting dalam bidang agama, ilmu pengetahuan, dalam pengembangan dan pembentukan kebudayaan nasional, bahkan dalam hubungan internasional. Untuk dapat menguasai bahasa Arab tentunya kita harus menghafal kosakata.Untuk memudahkan dalam menghafal kosakata, peneliti ingin mencoba menerapkan metode bernyanyi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini bersifat praktis, dan merupakan penelitian tindakan yang bertujuan, selain untuk meningkatkan efektivitas pendidikan, juga mengembangkan pemahaman pelaku dan mengembangkan pengalaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bernyanyi untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab kurang efektif. Permasalahannya adalah siswa cepat menghafal kosa kata dengan bernyanyi, namun ketika ditanya tentang kosa kata acak tanpa bernyanyi beberapa siswa tidak bisa menjawab dan harus bernyanyi lagi untuk mencari jawaban. Artinya, metode bernyanyi cukup efektif untuk menghafal kosa kata namun kurang efektif untuk menguasai kosa kata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: penerapan, Kosakata, Metode Bernyanyi"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 29 Nov 2023 06:41
Last Modified: 29 Nov 2023 06:41
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5133

Actions (login required)

View Item View Item