Haerani, Haerani (2023) Efektifitas metode interactive learning dalam pembelajaran pendidikan agama islam kelas V SDN Aik Ara Ubung-Lombok Tengah Tahun 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
HAERANI 190101133.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Pembelajaran interaktif adalah interaksi antara guru dan siswa yang merupakan salah satu aspek terpenting dalam pengajaran berlangsung.Tanya jawab dapat digunakan untuk memeriksa pemahaman siswa, untuk memberikan ""penopang"""" pada belajar murid, untuk membantu merekadan memverbalisasikan pikiran merekadan membantu mereka mengembangkan sense of mastery (perasaan mampu menguasai sesuatu). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan metode analisis menggunakan non-statistic dengan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) penerapan metode pembelajaran interaktif learning sangat efektif dalam pembelajran PAI kelas V di SDN aik ara hal tersebut sebagimana hal tersebut hasil belajr siswa yang menunjukkan secara keseluruhan mendapatkan nilai diatas KKM. Kemudian hasil keaktifan siswa juga menunjukkan kategori sangat aktif . (2) Kendala-kendala penerspan strategi pembelajaran interaktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V SDN Aik Ara yaitu: (a) kurangnya alat penunjang, (b) Kurangnya variasi guru dalam mengajar, (c) kurangnya ketertarikan siswa dalam belajar, (d) Suasana belajar yang tidak mendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode Interaktif"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 24 Nov 2023 00:54
Last Modified: 24 Nov 2023 00:54
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/5108

Actions (login required)

View Item View Item