Wahidaturrahmah, Wahidaturrahmah (2023) Pengaruh model project based learning terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di Kelas IV MIN 2 Kota Mataram Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
WAHIDATURRAHMAH 190106017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

INDONESIA Model project based learning merupakan model yang dapat mendorong siswa agar memiliki kreativitas, kemandirian, tanggung jawab, percaya diri, serta berpikir kreatif dan analitis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest nonequivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV MIN 2 Kota Mataram tahun ajaran 2022/2023, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV C yang berjumlah 32 siswa dan IV D yang berjumlah 34 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini kelas IV C sebagai kelas kontrol yang menggunakan model direct instruction dan kelas IV D sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model project based learning. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes, penilaian produk, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat data dan uji hipotesis, yaitu uji independent sample t-test. Hasil dari uji independent sample t-test kreativitas siswa menunjukkan hasil sig. (2-tailed) sebesar (0.009 < 0.05), sedangkan hasil dari uji independent sample t-test tes hasil belajar siswa menunjukkan hasil sig. (2-tailed) sebesar (0.027 < 0.05). Hasil ini menunjukkan bahwa Ha1 dan Ha2 diterima yang artinya model project based learning berpengaruh terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV MIN 2 Kota Mataram. Penelitian ini membuktikan teori dari John Dewey bahwa PjBL dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model Project Based Learning, Kreativitas, Hasil Belajar"
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 29 Sep 2023 07:19
Last Modified: 29 Sep 2023 07:19
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4802

Actions (login required)

View Item View Item