Hair, Mislatul (2023) Peran Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk anak yang mengalami gangguan disleksia di Mts Al-Raisiyah Sekarbela. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
MISLATUL HAIR 190102121 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA "Bahasa arab adalah bahasa yang kurang diminati oleh siswa siswi di sekolah dengan berbagai macam alasan. Salah satunya yaitu sulit memahami bunyi kata, membedakan dan membaca hurufnya. Dan di MTs Al Raisiyah terdapat anak yang mengalami gangguan membaca. Lalu apa saja peranan yang diberikan oleh guru untuk anak yang mengalami gangguan membaca? Dan apa saja faktor kesulitan anak disleksia yang mempengaruhi pembelajaran? Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mengamati yang dibantu dengan wawancara berjenis wawancara bebas sehingga data tidak hanya bersumber dari hasil observasi saja beserta dokumentasi untuk melengkapi data dan sebagai penguat bukti bahwa penelitian mengenai peran guru dalam pembelajaran bahasa arab untuk anak yang mengalami gangguan membaca (Disleksia) di MTs Al Raisiyah Sekarbela. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memberikan waktu khusus untuk menjelaskan kembali materi yang tidak dipahami oleh anak disleksia agar proses belajar mengajar dialam kelas menjadi lancar. Peran yang diterapkan oleh guru dalam kasus disleksia pada penelitian ini yaitu peran guru sebagai fasilitator, komunikator dan motivator. Disleksia merupakan gangguan membaca yang membuat anak mengalami kesulitan dalam membaca, menggabungkan huruf, membedakan huruf, menulis, berbicara, dan memahami materi. Karena kesulitan yang dirasakan oleh anak disleksia maka guru harus memberikan tambahan waktu untuk menjelaskan kembali mengenai materi yang telah dipelajari, dan karena adanya kesulitan yang dialami oleh anak disleksia, interaksi antara anak tersebut dengan temannya menjadi kurang baik."

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran guru, Disleksia, Faktor, Bahasa arab
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: H Nabil udin
Date Deposited: 27 Sep 2023 06:14
Last Modified: 27 Sep 2023 06:14
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/4788

Actions (login required)

View Item View Item